Hal yang harus diperhatikan di 10 minggu kehamilan

 

10 minggu kehamilan adalah saat ketika ibu membutuhkan strategi yang baik untuk menambah berat badan untuk memastikan bahwa kedua ibu dan janin berkembang dengan baik. Apa saja makan untuk menambah berat badan dengan benar di minggu ke 10 kehamilan?

Perkembangan janin pada usia 10 minggu

  • Selamat Ibu! Sekarang embrio dalam rahim sudah cukup tua untuk disebut janin! Janin berusia 10 minggu memiliki panjang sekitar 3 cm dari atas ke bawah, dan beratnya kurang dari 4 g.
  • Bayi sangat kecil, tetapi sering sangat aktif, bayi sering menelan cairan dan menendang anggota badan.
  • Pada titik ini, organ-organ vital seperti hati, ginjal, usus, otak dan paru-paru, telah terbentuk dan berfungsi sepenuhnya; Sementara itu, kepala bayi kira-kira setengah panjang tubuhnya.
  • Janin berumur 10 minggu sementara terletak tinggi di dekat bagian atas kepala tetapi nantinya akan berubah menjadi bentuk seperti bayi seperti biasa.
  • Jika ibu mengamati bayinya saat ini, Anda dapat melihat beberapa detail menarik, seperti kuku dan bulu pada bayi. Kedua vertebra bayi dapat dilihat dengan sangat jelas. Selain itu, sumsum tulang belakang bayi keluar dari sumsum tulang belakang.
  • Tidak hanya janin berusia 10 minggu yang berkembang, rahim ibu juga lebih besar dan berukuran besar. 10 minggu kehamilan bahkan dapat merasakan kehadiran rahim di atas area kemaluan.
  • Dengan USG Doppler, Anda bisa merasakan detak jantung bayi di dalam perut. Merasa pertama kalinya mendengar jantung bayi akan sangat emosional.

Berapa berat yang dibutuhkan ibu hamil selama 10 minggu kehamilan?

Ketika Anda 10 minggu hamil, Anda mungkin bertambah berat badan secara perlahan selama waktu ini, jika Anda tidak meningkat, itu mungkin berbahaya bagi bayi Anda. Seorang wanita dengan berat badan normal harus meningkat dari 11 hingga 16 kg selama kehamilan. Berat badan Anda akan menunjukkan kepada dokter kesehatan Anda dan bayi Anda.

Anda perlu menambahkan sekitar 300 kalori untuk diet Anda setiap hari. Kedengarannya seperti banyak tetapi sebenarnya hanya setara dengan sekitar dua atau satu cangkir susu rendah lemak. Bangun pola makan yang wajar untuk memastikan penambahan berat badan yang tepat.

Makan apa saja yang bermanfaat untuk menambah berat badan dengan benar?

  • Kehamilan bukanlah waktu bagi Anda untuk mencoba makanan yang berbeda atau untuk mengurangi kalori. Anda tidak bisa memakai apa pun yang Anda inginkan dan kapan saja.
  • Olahraga dan makan harus direncanakan, menghindari camilan yang akan membantu Anda menyesuaikan berat badan dengan lebih baik. Jadilah sadar dalam memilih makanan ibu hamil!
  • Anda juga dapat memilih camilan sehat seperti yogurt dan buah untuk meningkatkan asupan kalsium Anda, sambil membantu Anda mempertahankan jumlah vitamin dan mineral yang Anda butuhkan.
  • Kabar baik untuk ibu hamil adalah minggu ke 10, rasa mual dan kelelahan akan hilang. Anda mungkin merasa lebih nafsu makan. Wanita hamil lebih cenderung makan makanan khusus, bahkan yang tidak mereka sukai sebelumnya, mereka sering makan lebih banyak dari yang mereka rasakan.
  • Mengunyah es, makan buah dan sayuran segar, yogurt lunak, permen bisa menarik bagi ibu hamil. Jadi selalu bawalah beberapa makanan favorit saat Anda membutuhkannya.
  • Hati-hati dengan makanan setiap hari karena dapat menjadi bakteri yang akan membahayakan janin.
  • Tulis buku harian sebagai cara bagi ibu Anda untuk mengawasi kondisi kesehatan hariannya Anda selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *