Hal yang harus diperhatikan di minggu ke 11 kehamilan

 

Janin memiliki semua jenis organ, mulai dari jari kaki sampai jari kaki sampai jari kaki ketika ibu hamil di 11 minggu. Pada tahap ini, ibu juga memperhatikan makan dengan baik, terutama sayuran, untuk mengurangi sembelit. Selama kehamilan dan suplemen nutrisi penting untuk ibu dan bayi.

Perkembangan janin minggu ke 11

Pada minggu ke 11, panjang dari atas ke bawah bayi adalah sekitar 4,1 cm, berat 7g, kira-kira sama seperti ibu yang kurus. Bayi berumur 11 minggu memiliki semua jenis organ, dari jari kaki sampai jari tangan.

Tahukah Anda, janin ibu sekarang sibuk menendang dan meregangkan lengan dan kaki. Pergerakan bayi sangat halus sehingga terlihat seperti menari balet dalam air. Dan gerakan-gerakan ini akan menjadi lebih teratur dan sempurna saat bayi tumbuh.

Apa yang harus ibu lakukan di minggu ke 11?

Perkembangan janin terpenting dalam rahim akan menurun selama beberapa minggu ke depan. Pekerjaan utama bayi Anda dalam enam bulan ke depan kehamilan adalah tumbuh lebih besar dan lebih sehat sampai ia mampu bertahan hidup di luar rahim.

Apakah Anda disaring? Jika tidak, maka segera. Skrining pra-lahir sangat penting dan didorong oleh para profesional yang akan membantu orang tua dan keluarga lebih baik menyaring untuk malformasi janin.

Ibu sangat dekat dengan akhir trimester pertama. Mungkin Anda akan memperhatikan pada perut Anda garis gelap vertikal, yang disebut linea nigra. Mungkin ibu mulai merasa ngantuk? Atau jika ibu masih mengalami morning sickness, maka cobalah cara-cara berikut ini.

Nutrisi untuk Ibu hamil di 11 minggu kehamilan

Ibu dapat merujuk beberapa makanan bergizi, cocok bagi ibu dan bayi selama periode ini sebagai: okra goreng udang, salad, jagung dan kacang-kacangan, daging sapi rebus kentang . Hal ini penting untuk makan banyak sayuran dan buah-buahan untuk melengkapi nutrisi dan vitamin untuk ibu dan bayi.

Ibu juga ingat minum cukup air. Minum banyak air, makan banyak serat, dan dapatkan jumlah olahraga yang tepat untuk membantu ibu hamil. Minggu ke-11 mengurangi sembelit selama kehamilan.

Diet yang tepat ibu hamil di minggu ke 11 kehamilan

Jika ibu masih mengalami mual di pagi hari, mual selama waktu ini, dia dapat membagi makanan, bukannya makan tiga kali sehari besar, ibu bisa makan 5-6 porsi kecil sehari.

Beberapa makanan yang ibu tidak boleh makan

Makanan ibu pada tahap ini tidak lagi bebas dan sembarangan, sekarang ibu membawa tanggung jawab yang besar, karena gizi ibu terisi untuk dua orang. Dan tidak semua hal yang disukai ibu sejauh ini bagus, perbaiki dan bangun diet Anda dengan benar.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari ibu hamil di minggu ke 11:

  • Jumlah kafein yang dikonsumsi ibu harus dikurangi. Ibu dapat menggantikan kafein dengan minuman sehat seperti teh herbal, jus buah, susu panas, sirup buah atau yoghurt buah.
  • Sebaiknya tidak makan makanan laut seperti kepiting, kerang karena mereka memiliki darah aktif dan memiliki efek buruk pada janin.
  • Makanan panas. Jangan makan makanan panas seperti: almond, daging kambing, daging anjing karena saat makan makanan ini, suhu tubuh dapat meningkat.
  • Makanan pedas. Jangan makan terlalu banyak makanan pedas seperti: cabai, merica karena makanan ini bisa menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *