Hal yang harus diperhatikan di Minggu ke 7 Kehamilan

 

Ibu hamil pada minggu ke 7 akan mulai mengalami morning sickness, kelelahan, nyeri dada, mual. Oleh karena itu, untuk memastikan nutrisi bagi ibu dan janin selama 7 minggu kehamilan, ibu harus memperhatikan pola makan sehat setiap hari.

Perkembangan janin usia 7 minggu

  • Minggu ke 7 menandai awal dari periode yang sangat sibuk dalam perkembangan janin rahim. Antara jam hingga di usia 20 minggu, bayinya akan terus tumbuh dengan sangat cepat, dan organ-organ tersebut dibuat dalam beberapa minggu pertama hidupnya (seperti jantung dan otak) menjadi lebih kompleks dan terspesialisasi.
  • Panjangnya sekitar 11 – 13mm, ukuran buah blueberry kecil. Embrio sekarang memiliki jari tangan dan kaki, tetapi masih sedikit dihubungkan oleh membran seperti baling-baling.
  • Jantung bayi sekarang bekerja untuk memproduksi sejumlah besar sel darah merah sampai sumsum tulang terbentuk dan mengambil alih.
  • Gigi dan palatum bayi terbentuk, sementara telinga terus tumbuh. Kulit bayi berumur 7 minggu hanya setipis selembar kertas, sehingga pembuluh darah di dalamnya dapat terlihat dengan jelas.

Perubahan tubuh ibu di usia 7 minggu kehamilan

Perkembangan janin berusia tujuh minggu, dan sang ibu sedang berjuang dengan trimester pertama, yang merupakan saat ketika banyak ibu mengeluh tentang rasa sakit yang umum di dalam rahim. Periode.

7 minggu kehamilan sulit untuk dimakan karena sakit selama kehamilan – ketidaknyamanan sebagian yang disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan dalam tubuh.

Ibu mungkin juga perlu buang air kecil lebih sering daripada sebelumnya, dan penyebabnya adalah rahimnya semakin membesar dan lebih berat daripada ibunya menekan kandung kemih, dan efek hormon pada keseimbangan jumlah. cairan dalam tubuh ibu. Semua gejala ini akan berkurang saat kehamilan Anda berlanjut sehingga jangan terlalu khawatir.

Nutrisi yang tepat di minggu ke 7 kehamilan

Ibu yang hamil selama tujuh minggu akan mulai mengalami morning sickness, kelelahan, nyeri dada, mual. Oleh karena itu, untuk memastikan nutrisi bagi ibu dan janin selama 7 minggu kehamilan, ibu harus memperhatikan pola makannya setiap hari.

  • Pati: Ada banyak roti, sereal, kentang, dan kacang
  • Protein: daging, ikan, terutama mackerel, salmon, tuna segar, …
  • Susu dan produk susu: yogurt, keju
  • Vitamin dan serat: buah-buahan seperti jeruk, jeruk keprok, … kaya vitamin C dan sayuran berwarna gelap.

Minum banyak air

Air adalah sumber makanan yang sangat penting bagi manusia dan sangat penting bagi wanita hamil. Ibu harus ingat untuk mempertahankan sejumlah air tertentu untuk tubuh, tidak membiarkan air atau dehidrasi mempengaruhi janin.

Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, kandung kemih dan masalah ginjal. Jadi ibu labu harus minum banyak air atau jus encer setiap hari.

Suplemen asam folat

Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, sangat penting untuk gizi harian orang, terutama wanita hamil dan bayi. Zat ini penting untuk perkembangan bayi, mengurangi risiko cacat tabung saraf yang menyebabkan tulang belakang dan tengkorak tidak lengkap.

Ibu dapat meningkatkan asupan asam folat dengan mengonsumsi berbagai makanan termasuk sayuran hijau gelap, biji-bijian, jeruk, jeruk bali, pisang, kacang polong, susu dan yogurt.

Namun, jumlah asam folat dalam makanan ini hanya mengandung jumlah tertentu dan tidak akan cukup untuk ibu. Jadi dokter menyarankan wanita hamil untuk mengambil asam folat dengan mengambil suplemen 400mcg (microgram = 0,4 miligram) asam folat sampai minggu ke-12 kehamilan.

Dapatkan cukup zat besi

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi daripada wanita normal. Besi memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Oleh karena itu, selama kehamilan, terutama ketika janin sudah berusia 7 minggu, semakin banyak pertumbuhan, ibu harus melengkapi zat besi yang cukup untuk tubuh.

Berikut beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi. Pilih mulai 7 minggu untuk kacang, telur, buah kering, daging merah tanpa lemak, sayuran hijau gelap seperti brokoli selada air dan bayam, kacang-kacangan seperti lentil dan kacang hijau, roti, sereal atau beras merah, buah-buahan kering.

Suplemen kalsium

Ketika bayi berusia tujuh minggu, tulang bayi mulai berkembang. Pada titik ini, ibu perlu menyediakan tubuh dengan kalsium dalam jumlah besar untuk mengembangkan bayi terbaik. Tanpa asupan kalsium yang cukup, adalah mungkin bagi janin untuk “menyerap” kalsium dari ibunya dan mungkin kekurangan kalsium dan osteoporosis postpartum.

Makanan kaya kalsium meliputi: kepiting laut, tiram, keripik, artichoke, kacang kedelai, pisang, kiwi, brokoli, bayam.

Makanan yang harus dibatasi ibu hamil selama 7 minggu kehamilan

Selama waktu ini, ibu harus menghindari makanan berikut untuk memastikan kesehatan ibu dan janin:

  • Makanan yang mudah busuk, seperti hati, keju mentah
  • Susu yang tidak dipasteurisasi
  • Makanan yang hipersensitif seperti kerang seperti udang, …
  • Telur belum matang
  • Hati dan oragan dalam hewan
  • Makanan mentah
  • Minuman beralkohol.

Oleh karena itu, selama 7 minggu kehamilan, ibu harus memilih sendiri makanan bergizi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan membantu bayi tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *