Hal yang harus diperhatikan di Minggu kedelapan kehamilan

 

Pada kehamilan 8 minggu, selain perubahan bayi, ibu harus memperhatikan diet yang wajar untuk memastikan perkembangan bayi yang sehat. Secara khusus, ibu harus membatasi menggunakan minuman beralkohol dan rokok!

Perkembangan janin pada usia 8 minggu

  • Minggu ini, perkembangan janin berusia 8 minggu terus berlanjut dengan banyak perubahan yang terjadi pada bayi, yaitu sekitar 12,7 milimeter, yang berarti ukuran buah anggur.
  • Pada titik ini perkembangan janin di dalam rahim, embrio bayi akan menghilang, dan setiap organ tubuh, serta otot dan saraf, mulai berfungsi. Di dalam otak bayi, sel-sel saraf menjangkau untuk menghubungkan satu sama lain, membentuk jalur neuronal awal.
  • Janin berusia 8 minggu sekarang membungkuk di siku, dan kaki bayinya mulai kehilangan penampilan seperti kelelawar dengan selaput di antara jari-jari kaki. Selain itu, kelopak mata bayi dapat ditutupi lebih dari mata dan kuncup rasa secara bertahap terbentuk di lidah.
  • Selain perkembangan minggu 8 janin seperti di atas, kehamilan juga memiliki efek perubahani tubuh ibu. Payudara ibu mungkin sekarang lebih kembung, jadi Anda akan membutuhkan bra yang lebih besar untuk mendukung mereka daripada bra yang lama. Anda juga bisa melihat bahwa pinggangnya lebih besar dari sebelumnya, memaksanya untuk memasukkan jeans favoritnya di lemari pakaiannya sampai tahun depan.
  • Dan mungkin ini juga saat yang tepat untuk belajar tentang cuti hamil sehingga ibu dapat merencanakan masa depan untuk perawatan kehamilan dan pascanatal.

Makanan yang harus dihindari di 8 minggu kehamilan

  • Kehamilan akan membuat tubuh ibu berubah banyak. Oleh karena itu penting untuk memastikan diet sehat dan olahraga untuk menjaga kesehatan ibu dan anak.
  • Selama kehamilan pada minggu ke-8, ada banyak makanan yang ibu harus suplemen untuk memberikan nutrisi untuk bayinya, dan juga beberapa hal yang harus dihindari, seperti alkohol dan rokok, yang merupakan zat berbahaya bagi kesehatan ibu dan anak.
  • Selain itu, para ahli merekomendasikan kafein untuk mengurangi konsumsi kafein per hari dalam minuman seperti teh, kopi dan bahkan minuman ringan hingga 200 mg / hari, setara dengan sekitar 2 cangkir kapasitas kopi 250ml. Jika Anda rutin menggunakan minuman ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda dengan hati-hati untuk melihat berapa banyak Anda dapat minum paling banyak ml sehari.
  • Selain itu, dokter juga menyarankan agar ibu harus menggunakan gula sintetis untuk tingkat sedang. Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa soda diet masih mengandung gula dan kafein di dalamnya.
  • Ikan berlemak seperti salmon mengandung banyak asam lemak omega-3, yang memainkan peran penting dalam mengembangkan otak dan sistem saraf janin. Namun, Anda harus menghindari ikan besar seperti hiu, ikan todak, king mackerel dan tilefish karena mengandung banyak merkuri dan dapat membahayakan janin. dari kamu.
  • Jika suplemen gizi ikan, minggu ke 8 ibu harus sedikit hati-hati karena ikan mengandung lebih banyak merkuri tidak akan baik untuk janin.
  • Pada saat yang sama, ibu harus berhati-hati dengan pate atau daging beku atau salad yang dijual karena mereka juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.
  • Susu atau produk susu yang tidak dipasteurisasi mengandung listeria yang berbahaya.
  • Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi keju lunak yang dibuat kecuali kemasan menunjukkan bahwa produk tersebut dibuat dari susu yang dipasteurisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *