Hal yang harus diperhatikan di usia 9 minggu kehamilan

 

Saat Hamil di minggu ke-9, untuk melayani proses pengembangan yang berlangsung sepanjang 24 jam sehari dari janin, Anda membutuhkan banyak energi. Hingga 9 minggu kehamilan, tubuh ibu harus menghasilkan lebih banyak darah, meningkatkan denyut jantung dan metabolisme (bahkan saat tidur).

Perkembangan janin pada usia 9 minggu

  • Pada akhir minggu, janinnya sekitar 2,3 cm dan beratnya kurang dari 2 g. Janin seukuran buah anggur!
  • Kulit janin berusia 9 minggu sekarang dapat menutupi seluruh mata janin, menutup dan tidak akan terbuka sampai minggu ke 26. Selain itu, kedua telinga kecil janin itu terlihat berbeda.
  • Organ vital tubuh janin ada di tempat, meskipun mereka akan terus menjalani banyak penyesuaian kecil dalam beberapa bulan mendatang untuk memperbaiki. Dan tidak tahukah kamu, sayang kini bentuknya sudah seperti janin kecil.
  • Selain perkembangan janin berusia 9 minggu, pergelangan tangan tumbuh, pergelangan kaki janin terbentuk, dan jari-jari tangan dan kakinya terlihat. Lengan janin semakin panjang dan melengkung di siku ibu.
  • Sekarang fungsi fisiologis dasar sudah tersedia, janin siap untuk menambah berat badan dengan cepat.
  • Meskipun masih tidak dapat mengetahui jenis kelamin dari 9 minggu kehamilan melalui ultrasound, alat kelaminnya telah mulai terbentuk. Pada titik ini, pancake cukup dikembangkan untuk mendukung sebagian besar tugas penting dalam produksi hormon. Biskuit kini menciptakan nutrisi untuk janin dan membuang kotoran.
  • Selama waktu ini, ibu harus pergi untuk melakukan pemeriksaan pralahir. Di sana, perawat atau bidan akan mengambil sampel darah ibu untuk melakukan beberapa tes yang diperlukan seperti yang ditentukan.

Bagaimana perubahan tubuh ibu di minggu ke 9 kehamilan?

Anda tidak melihat perut Anda seperti sedang hamil, tetapi Anda merasakan perubahan di payudara. Tidak hanya morning sickness, Anda juga akan mengalami banyak perubahan fisik.

Gangguan mood adalah normal pada wanita hamil pada tahap ini. Terkadang Anda akan sangat senang dan gembira karena Anda membawa janin kecil di tubuh Anda, kadang-kadang mengkhawatirkan apakah Anda bisa melakukan peran sebagai ibu atau tidak.

Apa yang harus ibu hamil makan selama 9 minggu kehamilan?

Ketika Anda memasuki minggu kehamilan ke-9, untuk melayani perkembangan hari 24/7 si janin, Anda harus membutuhkan banyak energi. Karena tubuh ibu sekarang menghasilkan lebih banyak darah, jantung naik dan metabolisme berkembang bahkan lebih (termasuk saat tidur). Oleh karena itu, ibu perlu minum banyak air dan menambah nutrisi pada periode ini.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ibu: 4 bulan pertama adalah waktu bagi janin untuk berkembang sepenuhnya; Ini juga merupakan periode di mana ibu sering merasa paling lelah.

Ibu yang normal hanya membutuhkan sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, sejak minggu ke 9 kehamilan, Anda perlu menambahkan 300 kalori sehari untuk mendukung perkembangan anak Anda. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalori ini, Anda akan lebih lelah karena semua energi Anda digunakan oleh janin Anda.

Agar efektif selama 9 minggu kehamilan, ibu perlu menambahkan:

  • Setidaknya 75 gr protein per hari. Mommy dapat melengkapi ini dengan makanan berikut: susu, keju (catatan tidak menggunakan keju buatan tangan atau tidak dipasteurisasi), telur, daging tanpa lemak, ikan Makanan laut, tahu dan produk kedelai (tetapi tidak terlalu banyak), kacang, quinoa dan kacang lainnya.
  • Tambahkan karbohidrat kompleks dari buah-buahan, sayuran, gandum utuh, kentang (ke seluruh panggangan) dan kacang-kacangan.
  • Zat besi adalah nutrisi yang sangat diperlukan untuk membantu ibu melawan keletihan kehamilan pada minggu ke-9. Makanan yang mengandung banyak zat besi termasuk: sereal yang diperkaya zat besi, buah-buahan kering, bayam, produk kedelai, daging merah tanpa lemak, daging bebek, kerang, dan kacang-kacangan.

Makanan yang harus dibatasi selama minggu ke 9 kehamilan

  • Selain makanan bergizi, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu di minggu ke-9. Tentunya mengatakan tidak untuk rokok, anggur, bir. Tapi satu hal yang tidak baik untuk kesehatan janin dan ibu adalah minuman berenergi.
  • Jangan membenarkan atau memberikan alasan apa pun – misalnya, kehamilan membuat ibu Anda lelah dan Anda perlu minum energi untuk mengusirnya. Tetapi kebenaran berbeda dari apa yang Anda pikir, gula dan kafein yang terkandung dalam minuman energi tidak hanya tidak bermanfaat bagi kesehatan ibu tetapi juga menyebabkan kadar gula darah naik atau turun secara tiba-tiba dan hasilnya. Anda akan merasa lebih lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *