Hal yang perlu diketahui tentang perubahan payudara selama kehamilan

 

Sementara perut ibu tidak banyak membesar sampai trimester ketiga, perubahan payudara akan terlihat pada minggu-minggu awal ketika ibu hamil. Berikut adalah perubahan pada payudara ibu hamil yang dapat diamati dan rasakan.

Hal yang perlu diketahui tentang perubahan payudara selama kehamilan

  1. Perubahan ukuran payudara

Cukup banyak ibu menemukan perubahan payudara selama kehamilan melalui perubahan ukuran payudara, bahkan ibu telah meningkat menjadi tiga ukuran dan ibu juga memiliki rasa nyeri dada.

Perubahan ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon ibu dengan cara yang sama seperti sebelum periode menstruasi bulanan sebelumnya, tetapi tingkat kehamilan progesteron yang lebih tinggi.

Alasan lain adalah bahwa perkembangan duktus, jaringan lemak terakumulasi di dada dan lebih banyak darah tiba di daerah tersebut daripada disiapkan untuk menyusui nanti.

  1. Daerah sekitar putting menjadi lebih gelap

Dengan perubahan ukuran payudara, Anda akan memiliki beberapa perubahan lainnya juga:

Warna dada lebih gelap selama kehamilan (area gelap di sekitar puting)

Payudara melebar.

Daerah yang gelap ini mungkin memudar tetapi tidak hilang sepenuhnya setelah melahirkan. Anda juga akan melihat benjolan kecil di dada yang sebenarnya merupakan kelenjar. Benjolan ini akan muncul secara bertahap selama kehamilan dan kembali normal setelah lahir.

  1. Pembuluh darah lebih terlihat

Beberapa ibu tampaknya memiliki pembuluh darah biru pada permukaan payudara untuk mengangkut nutrisi dan cairan untuk menyediakan nutrisi untuk bayi. Fenomena ini lebih terasa pada ibu dengan kulit terang, dan mungkin lebih sulit untuk dilihat pada ibu yang memiliki warna kulit yang lebih gelap.

Setelah lahir atau jika ibu menyusui, kadang setelah menyapih, warna kulit payudara akan kembali normal.

  1. Merasa nyeri dada selama kehamilan

Ketika ukuran payudara meningkat, pertama kalinya payudara ibu hamil akan terasa meregang, disertai dengan rasa sakit. Untungnya, perubahan ukuran tidak menyebabkan rasa sakit yang bertahan lama (atau ketidaknyamanan jangka panjang).

Meskipun payudara dapat membesar selama sembilan bulan kehamilan, tidak akan ada sensasi yang kaku pada kehamilan ketiga atau keempat.Beberapa wanita akan mengalami sesak dada sebelum waktu ini. .

Jika Anda merasakan nyeri dada selama kehamilan, ibu Anda dapat menggunakan dada yang hangat atau hangat untuk merasa nyaman.

  1. Nyeri dada dan cara mengatasinya
  • Nyeri dada saat hamil atau tidak tergantung banyak pada keturunan. Artinya, jika nenek saya diberi ASI, kemungkinan dia akan mengalami masalah yang sama, tetapi itu juga tergantung pada situasinya.
  • Payudara sakit tidak sepenuhnya karena kehamilan tetapi juga kurangnya dukungan payudara selama kehamilan. Tidak peduli seberapa kuat payudara Anda sekarang, Anda harus melindungi payudara Anda dengan memakai bra atau bra untuk bayi Anda (meskipun selama trimester pertama, Membuat ibu ingin menghindari mencubit bra.
  • Jika dada ibu relatif besar atau cenderung melorot, sebaiknya memakai bra bahkan di malam hari.
  • Cara memperbaiki: Ibu dapat menggunakan bra olahraga untuk merasa nyaman saat tidur. Anda pergi ke toko khusus untuk mengukur ukuran payudara Anda dan pilih bra yang terbaik untuk Anda.

Bra dianggap cocok jika:

Tidak terlalu ketat atau terlalu longgar, dada cocok dengan kaos, memeluk seluruh dada dan tidak memiliki ruang di bagian atas, bawah atau samping.

Tali pengikat payudara ada di belakang tidak melintang. Tali BH untuk ibu hamil di area bahu seharusnya tidak menahan beban dada tetapi harus diposisikan sedemikian sehingga: ketika ibu meletakkan tangan di kepala, ikat pinggang pas ke badan, tidak terlalu kencang. Tali mengikat dari depan ke belakang dalam garis lurus.

Apakah setiap payudara ibu hamil berubah selama kehamilan?

Tidak semua wanita mengalami perubahan payudara pada tahap awal kehamilan. Beberapa ibu hanya mengalami peningkatan ukuran secara bertahap yang sulit dilihat dengan mata telanjang.

Jangan khawatir, ketika payudara Anda tumbuh perlahan maka Anda tidak perlu terlalu sering mengganti bra. Payudara besar atau kecil tidak akan mempengaruhi kemampuan menyusui bayi Anda nantinya.

Pembesaran payudara pada awal kehamilan tetapi sedikit perubahan pada kehamilan berikutnya, apakah ini normal?

Ini sangat normal. Pada kehamilan pertama, payudara ibu telah berubah untuk pertama kalinya dalam kehamilan. Kehamilan berikutnya, tubuh ibu sudah memiliki adaptasi terhadap perubahan itu. Akibatnya, tubuh ibu tidak perlu dipersiapkan atau bereaksi berlebihan dengan ketidakseimbangan hormon seperti kehamilan pertama.

Anda mungkin memperhatikan bahwa payudara Anda tumbuh lebih besar dengan pertumbuhan janin dan berhenti hanya setelah lahir, ketika menyusui dimulai. Bagaimanapun, lambatnya perkembangan payudara pada kehamilan berikutnya benar-benar normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *