Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tes Down Syndrome

Jika Anda memahami apa yang terjadi dalam pengujian sindrom Down, Anda akan merasa jauh lebih bahagia dengan keputusan Anda untuk memilikinya atau tidak.

Down syndrome – ini adalah kondisi yang kita semua kenali dan membuat Anda berpikir ‘bisakah saya?’ Tapi, sementara ada tes yang tersedia untuk mengetahuinya di awal kehamilan, keputusan untuk menjalani itu adalah milik Anda.

Sindrom Down adalah kondisi genetik yang menghasilkan beberapa tingkat ketidakmampuan belajar dan berbagai karakteristik fisik. Tentu saja Anda akan mencintai bayi Anda dengan sindrom Down, tetapi itu akan memiliki dampak yang lebih besar pada hidup Anda daripada memiliki bayi tanpa kondisi, karena bayi Down akan lebih bergantung pada Anda lebih lama.

Apa yang menempatkan Anda pada peluang tinggi untuk memiliki bayi dengan sindrom Down?

Rata-rata satu dari 1000 bayi dilahirkan dengan kondisi tersebut. “Sebagian besar kasus bayi yang lahir dengan sindrom Down bersifat sporadis, namun ada peningkatan risiko jika seorang wanita sudah memiliki anak dengan sindroma,” kata Teresa Walsh, seorang pendidik melahirkan bidan di The Portland Hospital, London. Risk Risiko juga meningkat seiring dengan bertambahnya usia wanita. ’

Kemungkinan bayi Anda menderita sindrom Down meningkat seiring bertambahnya usia Anda.

Pada usia 20 tahun kemungkinan bayi Anda mengalami sindrom Down dikatakan satu banding 1500, pada 25 peluang dikatakan meningkat menjadi satu banding 1250, pada 30 itu satu dalam 1000, pada 35 itu satu dalam 400, pada 40 itu satu dari 100, dan pada 45 peluang Anda telah meningkat menjadi satu dalam 30.

Bagaimana mengetahui risiko sindrom Down?

Semua wanita hamil harus ditawari tes skrining yang memperkirakan kemungkinan bayi Anda menderita sindrom Down. Terlepas dari usia Anda, tes ini harus ditawarkan di awal kehamilan Anda.

Apa risiko mengalami tes sindrom Down?

Ada risiko kecil komplikasi dengan tes diagnostik, termasuk keguguran. Tes skrining tidak meningkatkan risiko keguguran Anda. Bidan atau dokter Anda akan berbicara kepada Anda tentang peningkatan risiko dari menjalani tes.

Apa yang terlibat dalam tes skrining untuk sindrom Down?

Tes skrining yang digunakan untuk sindrom Down dikenal sebagai ‘tes gabungan’. Bagian pertama adalah tes darah untuk memeriksa kadar protein dan hormon tertentu.

Jenis khusus pemindaian ultrasound, yang dikenal sebagai tembus nuchal, adalah bagian kedua dari tes gabungan. Ini mengukur kantong cairan di belakang leher bayi. Bayi dengan sindrom Down biasanya memiliki lebih banyak cairan di leher mereka daripada apa yang dianggap normal.

Jika peluang Anda untuk mengandung bayi dengan sindrom Down ditemukan sekitar satu dari 150, Anda kemungkinan besar akan diminta untuk melakukan tes diagnostik.

Apa itu tes diagnostik?

Ada dua cara Anda dapat memiliki tes diagnostik untuk sindrom Down pada kehamilan Anda.

Pilihan pertama adalah chorionic villus sampling (CVS), yang melibatkan pengambilan sampel plasenta yang kecil dan dapat dilakukan setelah Anda mencapai 10 minggu kehamilan. Sampel diambil dengan memasukkan jarum tipis melalui dinding perut Anda, atau dengan memasukkan tabung kecil melalui vagina dan leher rahim Anda.

Tes laboratorium akan memberi tahu Anda dengan kepastian hampir 100 persen apakah bayi Anda menderita Down atau tidak.

Tes diagnostik lain yang mungkin Anda miliki adalah amniosentesis, yang melibatkan pengambilan sampel kecil cairan ketuban dan biasanya dilakukan setelah minggu ke-15 kehamilan, dan dapat dilakukan hingga minggu ke-22.

Seperti CVS, sampel cairan ketuban diambil dengan memasukkan jarum ke perut dan rahim Anda. Sampel diambil melalui jarum suntik. Memilih untuk menjalani tes Down adalah atas kebijaksanaan Anda dan ada banyak dukungan dari tim medis Anda untuk membantu menjawab semua pertanyaan Anda dan membuat keputusan yang tepat untuk Anda.

Tes darah baru untuk Sindrom Down telah disetujui oleh Komite Skrining Nasional. Wanita sekarang akan ditawari tes darah prenatal non-invasif yang baru alih-alih amniosentesis normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *